Kamis, 03 September 2020

DRAG BIKE

KEJUARAAN DRAG BIKE

DRAG BIKE adalah kejuaraan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi yang dilakukan didalam sebuah lintasan pacu yang beraspal yang tertutup terdiri dari dua buah jalur yang lurus dengan panjang yang sama.Garis Start sampai sampai  Garis Finish sepanjang 201 meter dan panjang lintasan pengereman sepanjang 201 meter. Lebar lintasan pacu minimal 4 meter tiap jalur. Pagar pembatas penonton yang tertutup rapat, Minimal 1,5 meter dari tepi jalur.

Peserta harus wajib memiliki Kartu Izin Start (KIS) dari Ikatam Motor Indonesia (IMI) untuk Kategori Balap Motor.

Setiap peserta hanya diizinkan untuk mengikuti maksimal 3 kelas Utama, dan juga setiap peserta diwajibkan 

memakai satu nomor start di setiap kelas yang diikuti. Setiap peserta hanya boleh mendaftar satu kali di kelas yang sama.

Kelas-kelas yang dilombakan untuk Kejuaraan Nasional Drag Bike adalah :

Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc sampai 250 cc.

Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up : 80 cc sampai 130 cc.

Kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up : 135 cc sampai 155 cc.

Kelas metic 125 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc sampai 125 cc.

Adapun kelas-kelas lainnya merupakan Kelas Pendukung. tidak diperbolehkan mengangkat kaki ke atas jok, start dilakukan dalam keadaan mesin hidup/menyala, dan peserta debgab waktu terkecil start lebih dulu, untuk jalur A atau B nya ditentukan oleh panitia.

Peserta yang terlambat hadir 5 menit setelah peserta terakhir didalam kelas tersebut dianggap mengundurkan diri.dalam balapan DRAG sendiri tidak diperbolehkan memperbaiki kendaraan di area starting, memindahkan gigi dengan tangan,yang mencuri start langsung dikenakan sanksi Diskualifikasi. Penilaiannya sendiri dihitung dengan catatan waktu peserta, jika terjadi nilai waktu yang sama, pemenang ditentukan dari catatan waktu yang terbaik di heat kedua, dan pemenang dilihat dari kapasitas cc yang lebih kecil. 


sumber gambar:

https://matarakyatmu.com/wp-content/uploads/2019/06/IMG-20190619-WA0010.jpg

0 komentar:

Posting Komentar